Test Drive KIA Sorento, si Bongsor yang Powerful dan Nyaman!

Created on Friday, 18 October 2013 Written by Administrator
39
com_content.article
(0 votes, average 0 out of 5)
Test Drive KIA Sorento, si Bongsor yang Powerful dan Nyaman!0 out of 50 based on 0 voters.


Bandung - Mobil-mobil Korea yang sudah mulai mendapat kepercayaan di pasar otomotif Indonesia, memang berdampak pada keputusan manajemen PT. KIA Mobil Indonesia (KMI) untuk mulai memasukkan varian mobil premium. Nah salah satu segmen yang mereka sasar adalah

Premium SUV berkapasitas 7 penumpang di level harga Rp. 375 juta – Rp. 380 juta yang masih belum ditempati oleh pabrikan manapun.
 
Kali ini, KMI memilih KIA Sorento berkapasitas mesin 2.4 liter. Meski baru akan diluncurkan secara resmi untuk pasar Indonesia tanggal 9 April 2013 mendatang,  tapi KMI memberikan kesempatan kepada otomotifnet.com untuk melakukan test drive. Lalu apa saja yang istimewa pada mobil ini? yuk kita ulas satu per satu

Performa Mesin

Ketika pertama kali bertemu dengan KIA Sorento, impresi langsung menuju ke sebuah mobil yang mampu memberikan kenyamanan tingkat tinggi kepada penggunanya. Mengingat ini adalah mobil premium SUV (Sport Utility Vehicle) yang didesain khusus untuk 7 orang penumpang di dalamnya. Sudah pasti mengakomodir tenaga yang cukup besar sesuai dengan kebutuhannya.
 
Benar saja, ketika menekan pedal gas, mobil ini mampu menyemburkan tenaga yang cukup besar. Meski kapasitas mesin bensin hanya 2.349 cc, namun berkat dukungan mesin terbaru dari KIA, yakni tipe Theta II DOHC Dual CVVT yang sudah dilengkapi dengan Distributor Less Ignition (DLI) dan Variable Induction System (VIS), semburan tenaganya mencapai 176 ps pada putaran 6.000 RPM melalui 6 percepatan.
 
Jadi wajar ketika menginjak pedal gas sedikit lebih dalam, gaya gravitasi yang dihasilkan cukup besar. Lantaran torsi maksimum bisa mencapai 23,1 kg.m pada putaran 3.750 RPM. Bahkan ketika berada di jalan semi off road, mobil ini terasa sangat nyaman meski dengan kecepatan yang agak tinggi.
 
Konfigurasi sistem ekonomis pun bisa diatur hanya dengan menekan tombol ‘ECO’ di panel dengan tuas transmisi. Meski demikian, saat diajak bermanuver di daerah padat lalu lintas, mesin mampu mengakomodir tenaga yang dibutuhkan. Dimana powernya terasa tak ada jeda, meski harus digunakan dengan cara stop & go.

Fitur Andalan

Motor Driven Power Steering (MDPS). Sebenarnya fitur ini baru akan terasa kinerjanya jika pengendara melakukan perbandingan langsung pada permukaan jalan yang berbeda, berikut dengan kecepatan berbeda.
 
Fitur ini mengatur konfigurasi kemudi mobil agar pengendara mampu mengendalikan mobil dalam kondisi apapun. Itu terbukti ketika dijajal melalui jalan semi off-road. Apalagi juga dibantu dengan penambahan strut bar yang membuat mobil jadi lebih stabil.
 
Kemudian ada fitur safety seperti penggunaan disc brake pada semua rodanya, dimana tidak semua mobil SUV menggunakan fitur ini. Dual Air Bag dan fitur safety standar untuk mobil-mobil premium seperti Anti-Lock Braking System (ABS), Electronic Stability Control (ESC).
 
Hal yang paling istimewa adalah tambahan cornering lamp, untuk safety saat berbelok. Lampu ini akan menyala sendiri jika lampu sinyal belok dinyalakan. Kemiringan cornering lamp bisa mencapai 45 derajat.

Kenyamanan Interior

Berbicara kenyamanan interior, KIA Sorento sepertinya tahu betul kebutuhan konsumen akan ruang kabin yang lega. Penggunaan sun roof dan panoramic roof sekaligus, memungkinkan pengendara dan penumpang di baris kedua bisa menikmati cerahnya langit dengan leluasa.
 
Jok yang berlapis kulit di dalamnya pun, memberikan tingkat kenyamanan lebih besar. Di baris kedua, mobil ini bahkan memberikan arm rest yang bisa dilipat. Konfigurasi joknya pun bisa diatur sedemikian rupa, sehingga bisa memberikan tambahan ruang dalam yang lapang sesuai dengan kebutuhan.
 
Bagian yang juga menunjang kenyamanan adalah auto air configuration dengan dual zona yang memungkinkan suhu dalam kabin bisa berbeda antara kursi driver dan kursi penumpang. Sementara fitur yang tak kalah hebat adalah penggunaan head unit yang mengakomodir koneksi ke internet. Koneksinya sendiri diperoleh dari sambungan modem berbasis GSM.
 
Untuk menambah kenyamanan penumpang di belakang, juga disediakan head rest monitor untuk penumpang di baris kedua.
 
Pesaing

Meski harus masuk di kelas yang diisi oleh mobil-mobil Jepang, namun KIA Sorento sangat patut dipertimbangkan. Kapasitas 7 seater, mesin bensin 2.4 liter dan harga Rp. 375 juta – Rp. 380 juta, jadi pilihan yang sangat menarik. Sorento memiliki pesaing terdekat adalah Pajero Sport, Toyota Fortuner dan Chevrolet Captiva. - Kia Bandung

Hits: 1121